Tips Mendesain Website Profesional

Tidak seperti blog pribadi yang kontennya biasanya berisi tentang diary pemilik blog yang fungsinya lebih untuk sharing, website profesional dimiliki oleh individu atau perusahaan penyedia jasa, atau bahkan institusi pemerintah. Maka dari itu tampilan website nya harus terkesan profesional. Desain yang profesional secara tidak langsung akan menambah kepercayaan pengunjung bahwa perusahaan atau institusi Anda mempunyai reputasi yang bagus. Sebaliknya jika desainnya asal-asalan, pengunjung akan berpikir website Anda mungkin bukan website resmi dari perusahaan Anda.

Walaupun konten juga penting, desain website tidak kalah pentingnya. Sebelum membaca konten yang ada di web, pengunjung terlebih dahulu akan melihat desain pada halaman web tersebut. Jadi tidak salah jika desain harus profesional.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Dalam Mendesain Website Profesional?

Pastikan Desain Simpel dan Elegan

Untuk terlihat profesional, desain harus tetap simpel namun dengan mempertahankan sisi elegannya. Desain yang simpel maksudnya adalah desain yang bersih, tanpa banyak penambahan pop-up, ikon, banner, dan iklan. Selain halaman akan terlihat penuh, hal itu juga membuat web lambat untuk diakses. Desain simpel membuat pengunjung website Anda nyaman dan betah. Anda bisa menggunakan tema simpel dengan sedikit perpaduan warna netral dan desain yang flat.

Tetapi hal ini bukannya membatasi Anda untuk memperindah tampilan website. Hanya saja pastikan bahwa konten yang ada di web lebih menonjol, apalagi untuk website e-commerce. Jangan lupa perhatikan navigasinya apakah jelas atau tidak. Untuk sebuah web yang informatif, peletakan dan label navigasi sangat penting yaitu berfungsi sebagai petunjuk bagi pengunjung.

Gunakan Font yang Sesuai

Pemilihan font merupakan hal yang cukup penting dalam desain website profesional. Ada banyak sekali pilihan font yang menarik dan unik, namun membuat pembaca tidak nyaman karena susah untuk dibaca apalagi jika ukurannya terlalu kecil. Hal ini akan mengakibatkan orang yang membacanya pusing atau menyebabkan mata cepat lelah.

Gunakan font standar yang terlihat jelas. Ukuran font juga harus cukup besar agar pengunjung dapat membaca informasi dengan mudah. Selain itu warna font yang digunakan pun harus tepat, menyesuaikan dengant background halaman web. Harus ada kontras antara latar belakang web dengan text. Misalnya untuk background halaman web berwarna gelap, gunakan warna text yang terang, dan sebaliknya.

Gunakan Desain yang Responsive

Pengunjung website Anda tidak hanya akan mengakses web melalui laptop atau internet. Kebanyakan mereka mungkin menggunakan smartphone. Disinilah pentingnya mendesain website yand responsive. Jadi ketika pengunjung membuka website Anda melalui gadget Android, mereka akan merasakan kenyamanan yang sama seperti ketika membukanya melalui PC.

Itulah beberapa tips untuk menonjolkan kesan profesional pada website Anda. Apabila Anda tidak mau bersusah-payah membuat dan mendesain website, Anda bisa meminta bantuan jasa pembuat website untuk membuatkan sebuah website profesional.