Prinsip Utama untuk Membuat Navigasi Website

Navigasi website adalah salah satu elemen utama yang mengarahkan pengunjung untuk menjelajah konton pada website tersebut. Menu navigasi biasanya terletak di bagian atas dan samping halaman web. Kenapa penggunakaan menu vagiasi penting bagi sebuah website? Bayangkan jika di website Anda tidak ada menu navigasinya. Bisa-bisa pengunjung tersesat dan tidak bisa mendapatkan informasi yang mereka cari.

Pengunjung akan malas menjelajah website tanpa pengaturan navigasi yang baik dan jelas. Bagaimanakah membuat navigasi yang bagus? Berikut adalah prinsip-prinsip yang harus diperhatikan.

Hal-Hal Penting yang Harus Diperhatikan saat Membuat Navigasi Website

Desain Navigasi Sederhana namun Menarik

Menu navigasi yang simpel akan memungkinkan pengunjung untuk menuju halaman web tertentu hanya dengan beberapa klik saja. Dengan kata lain navigasi yang baik juga akan menghemat waktu dalam menjelajahi web.

Perhatikan lupa tata letak navigasi website. Untuk semakin memudahkah masuk ke halaman yang dicari, jadikan menu-menu umum di halaman utama sebagai shortcut. Menu yang dibuat shortcut biasanya adalah menu-menu utama. Untuk website toko online, misalnya, menu products atau gallery bisa dijadikan shortcut atau quick links. Jadi, dari halaman utama, pengunjung langsung bisa meng klik shortcut tersebut untuk membuka halaman yang dituju.

Walaupun desain menu navigasi sederhana, bukan berarti secara estetika tidak menarik atau membosankan. Karena perannya yang sangat penting, pastikan menu-menu navigasi terlihat jelas bahkan saat pertama kali halaman memuat web. Pakailah warna yang mencolok, menyesuaikan dengan keseluruhan desain, dan font yang tepat agar nilai estetika tetap terjaga.

Menu Navigasi yang Jelas

Selain desain yang sederhana, perhatikan nama menu navigasi. Pertama nama menu harus jelas, tidak boleh terlalu panjang, dan pastinya sesuai dengan konten. Ada beberapa nama yang sudah pakem untuk website perusahaan seperti Home, Contact Us, atau About Us. Nama-nama ini sudah umum digunakan pada website e-commerce sehingga pengunjung sudah familiar dan punya gambaran tentang halaman tersebut.

Perhatikan pula pilihan pada setiap menu navigasi. Bila diperlukan, lihatlah contoh navigasi website yang sudah ada. Pastikan nama menu sesuai dengan isinya. Jangan sampai pengunjung terjebak dengan navigasi yang ditampilkan karena isinya ternyata tidak sesuai dengan nama menu di navigasi.

Konsistensi

Prinsip terakhir, namun tidak kalah penting dari dua prinsip yang lain, adalah konsistensi. Navigasi yang konsisten akan sangat membantu pengunjung dalam mengenali menu-menu yang ada. Konsistensi mencakup tata letak, warna, dan penggunaan font.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa navigasi website yang baik harus simpel, jelas, dan konsisten. Ketiga prinsip ini harus diterapkan dalam desain website. Jangan sampai pengunjung merasa kesal dan pusing dengan menu dan link yang tidak terstruktur.