Desain Yang Menarik Untuk Website Sekolah

Sebagai media informasi, website banyak digunakan dalam berbagai bidang, baik pemerintahan, kesehatan, ataupun pendidikan. Saat ini kita dituntut melek teknologi untuk menghemat biaya dan juga waktu. Walaupun kita di rumah namun kita dapat mendapatkan informasi maupun berita di seluruh penjuru dunia.

Banyak orang yang memanfaatkan website ini dengan sangat baik. Website sekolah sendiri sangat banyak manfaatnya, karena di website ini kita dapat menggali informasi-informasi mengenai sekolah baik di dalam negeri maupun luar negeri. Dari sekolah tingkat dasar sampai dengan perguruan tinggi di seluruh pelosok dunia.

Walaupun tidak ada peraturan resmi yang menuntut setiap sekolah mempunyai alamat web sendiri, namun setiap sekolah dituntut melek teknologi dan mengikuti perkembangan untuk meningkatkan persaingan. Bahkan ada penilaian tentang sekolah-sekolah dengan website terbaiknya.

Kriteria Membuat Website Sekolah yang Menarik

Memuat Informasi yang Lengkap

Sebagai media untuk menyalurkan informasi kepada siswa, calon siswa ataupun masyarakat umum, maka website harus memuat informasi lengkap mengenai latar belakang sekolah, profil pengajar, prestasi yang diperoleh, jumlah siswa, jumlah kelulusan, sistem pendidikan, kurikulum yang diterapkan ataupun sebagai media sharing dengan alumni sekolah tersebut.

Latar belakang sekolah dirasa penting untuk dimasukkan agar siswa khususnya dan khalayak umum yang membaca mengetahui seperti apa sejarah sekolah itu berdiri. Profil pengajar pun sangat penting, karena bagi calon wali murid pastinya akan memilih sekolah yang mempunyai pengajar yang profesional dan pengalaman di bidangnya.

Prestasi yang diperoleh di masukkan untuk menarik perhatian dari calon siswa bahwa sekolah tersebut mampu bersaing dan melahirkan siswa-siswa berprestasi. Siswa yang mendapatkan prestasi pun akan termotivasi karena usahanya dihargai oleh pihak sekolah.

Selain informasi tersebut saat pendaftaran pelajaran baru, sebaiknya di masukkan ke dalam website. Sehingga calon murid akan tahu kapan mereka harus mendaftar, mengambil formulir, mengikuti seleksi masuk, dan juga pengumuman lolos atau tidak.

Gambar dan animasi pendukung yang menarik

Pengunjung website sekolah rata-rata adalah anak-anak dari usia 9-18 tahun. Sebaiknya kita jeli dalam memilih gambar yang kita muat di halaman website. Seperti gambar bangunan sekolah, gambar kegiatan di sekolah, waktu belajar mengajar, gambar pengajar di sekolah, ataupun gambar anak berprestasi.

Selain gambar baik juga diselipkan animasi yang lucu ataupun membangkitkan semangat mereka sehingga mereka membaca dan terus membuka website kita. Tata letak, pemilihan warna dan jenis huruf juga harus diperhatikan. Agar pengunjung tidak jenuh berada di website kita.

Selain itu, website sekolah sebagai media penyalur informasi mengenai sekolah tersebut, harus pandai dalam memilih kata yang digunakan. Sehingga sesuai dibaca anak-anak namun tidak terdengar lucu saat dibaca oleh orang dewasa sebagai wali murid calon siswa maupun siswa yang sekolah di sekolah yang bersangkutan.