Cara Mengoptimalkan Website E-Commerce

Apakah Anda sedang menjalankan bisnis melalui website e-commerce? Sama halnya dengan pengusaha yang mempunyai sebuah toko, pasti mereka sangat memperhatikan desain toko yang meliputi cat yang digunakan, tata letak, hiasan, dan lain-lain. Nah, toko virtual pun harus demikian. Sedapat mungkin pengunjung harus merasa nyaman dan betah. Walapun produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis Anda bagus, jika tempatnya tidak menarik, pasti siapapun enggan untuk membeli.

Bisnis e-commerce yang Anda rintis akan bertahan dan bahkan berkembang jika Anda menerapkan strategi bisnis yang tepat. Salah satunya adalah mengoptimalkan website. Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini bisnis e-commerce sangat menjamur. Bisnis online seperti ini memang mempunyai peluang bagus dan prospek yang cerah bahkan sampai bertahun-tahun ke depan. Di sisi lain, terjadi persaingan yang ketat. Salah satu strategi untuk mengembangkan bisnis Anda adalah dengan mengoptimalkan website e-commerce desain sebagai sarana promosi dan pemberian informasi pada konsumen.

Namun tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat web. Walaupun media ini merupakan media yang cukup efektif, terlebih lagi harganya terbilang terjangkau, namun tentunya harus dibuat seunik dan semenarik mungkin agar bisa optimal menjaring pasar.

Mengoptimalkan Fungsi Blog Untuk Website ECommerce

Membuat konten menarik yang berhubungan dengan website Anda

Corporate blogging dinilai sebagai salah satu cara yang effective untuk menggiring calon konsumen mengunjungi website Anda. Seringkali pebisnis online, karena kesibukan atau ketidaktahuannya, menganggap remeh fungsi blogging. Padahal dengan menulis atau menambahkan konten yang up-to-date dan relevan, traffic ke website Anda bisa meningkat pesat. Pengunjung yang tadinya tidak kenal dengan toko Anda bisa menemukan website Anda hanya dengan Google search.

Sayang sekali jika blog atau website hanya digunakan sebagai display produk atau informasi layanan. Akan lebih baik jika Anda secara berkala menambahkak konten informatif dan menarik seputar hal-hal yang berkaitan denga produk atau jasa yang dijual di website.

Sebagai contoh misalnya Anda menjual produk memasak dan baking, Anda bisa menulis konten dengan tema masakan dan makanan. Usahakan topik yang dipilih adalah topik yang masih baru, atau yang sering dicari oleh calon konsumen. Ide konten bisa mencakup trik dan tips memasak, wisata kuliner, diet selebriti, dan lain-lain. Jadi isi dari website Anda tidak hanya tentang produk yang dijual tapi juga informasi menarik yang bisa menarik minat konsumen.

Menambahkan Video E-Commerce

Selain menambahkan tulisan yang menarik pada website, penggunaan video e-commerce adalah ide yang cemerlang. Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dengan video e-commerce. Banyak hasil survey menunjukkan bahwa konsumen menghabiskan waktu lebih lama pada halaman yang ada videonya daripada yang tidak. Konsumen akan memilih menonton video daripada hanya membaca deskripsi. Bukan berarti mereka malas membaca, tapi faktanya informasi yang diserap melalui video akan lebih mengena daripada bentuk konten yang lain. Inilah pentingnya menggunakan video untuk website e-commerce.