Cara Mengatasi Loading Website Lambat

Loading website lambat adalah permasalahan yang sering terjadi ketika kita mencoba mengakses sebuah website. Hal ini merupakan masalah besar karena jika website lambat diakses, pengunjung akan memilih untuk kabur dari website tersebut. Menunggu sampai halaman berhasil memuat web hanya akan membuang waktu pengguna internet. Anda pasti tidak mau kan traffic pengunjung berkurang?

Persoalan lambatnya loading website tidak boleh diremehkan apalagi jika website Anda adalah website komersial yang membutuhkan traffic tinggi. Perlu diketahui bahwa penyebab loading website lambat bukan semata-mata karena koneksi internet. Tentu saja koneksi internet berpengaruh. Namun bahkan pada koneksi internet yang super cepat, website bisa saja tetap lemot. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal salah satunya adalah server atau web hosting yang digunakan.

Cara Efektif Mengatasi Loading Website Lambat

Mengoptimalkan Kinerja Web

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mempercepat loading website adalah dengan melakukan optimasi web. Ada beberapa cara agar website Anda berjalan optimal. Bagi Anda pengguna CMS, hapuslah plugins dan extensions yang tidak dibutuhkan. Cara ini selain mudah juga cukup efektif. Banyak pengguna yang berhasil mempercepat loading websitenya hingga 25 persen hanya dengan cara ini saja.

Tidak bisa dipungkiri bahwa penambahan plugins sangat berguna bagi bagi sebuah website. Namun perlu dipahami bahwa kualitas plugins bermacam-bermacam. Plugins yang berkualitas seharusnya tidak akan menganggu kecepatan loading web. Jika website Anda terasa berat padahal hanya ada beberapa plugins terinstal, kemungkinan plugins tersebut kualitasnya jelek.

Selain penggunaan plugins yang tidak diperlukan, optimasi gambar yang ukurannya besar (lebih dari 1MB) juga dapat menyebabkan loading website lambat. Cara mengatasinya sangat mudah, Anda bisa melakukan optimasi gambar dengan bantuan tools seperti OptimiZilla atau WP Smush. Jika mau berusaha sedikit, Anda bisa melakukannya dengan cara memperkecil ukuran gambar tersebut.

Mengaktifkan Plugin Caching

Plugin caching tidak hanya bisa dipasang di browser tetapi bisa juga diaktifkan di website. Fitur caching ini memungkinkan pengguna untuk membuka website dengan cepat karena file website telah tersimpan pada browser pada saat dibuka pertama kali.

Menggunakan CDN

CDN adalah singkatan dari Content Delivery Network. Fungsinya adalah memungkinkan pengunjung di luar negeri untuk mengakses website Anda dengan cepat walaupun server website Anda berlokasi di Indonesia. Perlu diketahui, jarak yang jauh antara user dengan lokasi server juga berpengaruh terhadap waktu yang digunakan untuk memuat website.

Setelah melakukan cara-cara tersebut silahkan lakukan test kecepatan pada website Anda, apakah ada peningkatan kecepatan atau tidak. Jika tidak ada perubahan, atau ada perubahan namun tidak signifikan, ada kemungkinan yang bermasalah adalah hosting Anda. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengupdgrade hosting agar tidak lagi mengalami masalah loading website lambat.