4 Kesalahan Umum Dalam Membuat Desain Website Yang Sering Diabaikan

Keberadaan website atau blog saat ini memang sudah tidak asing lagi, selain kerap dimanfaatkan oleh para blogger website saat ini juga sudah dijadikan sebagai aset bisnis. Para pelaku bisnis tanpa sebuah website rasanya sudah ketinggalan jaman, oleh karena itu banyak dari mereka yang akhirnya mengembangkan bisnis atau usahanya dengan didukung oleh sebuah website.

Sayangnya, tidak hanya bagi orang awam saja yang kerap melakukan kesalahan umum dalam membuat desain website namun bagi para designer website hingga developer web juga kerap melakukan kesalahan. Lantas, kesalahan umum apa sajakah yang sering mereka lakukan? Berikut ulasan lengkapnya.

4 Kesalahan Umum dalam Membuat Desain Website yang Sering Diabaikan

Lupa Mencantumkan Contact Person

Apakah Anda pernah mengunjungi website perusahaan atau toko online yang tidak terdapat contact person? Hal ini kerap terjadi karena designer atau developer website terlalu fokus dalam tampilan website saja. Mengembangkan website dengan desain yang menarik dan interaktif sah-sah saja, asalkan Anda jangan sampai mengesampingkan hal penting seperti informasi kontak.

Contact person dalam sebuah web perusahaan atau toko online sangatlah penting. Tidak sedikit dari mereka yang mengakses website karena sengaja ingin mendapatkan contact person agar bisa dihubungi lebih lanjut.

Desain yang Menyebabkan Akses Lambat

Desain website yang menarik memang membuat daya pikat tersendiri bagi para pengunjung. Tak heran jika akhirnya mereka kerap menambahkan fitur gambar, suara bahkan video. Boleh-boleh saja Anda menambahkan berbabagi visualisasi yang menarik namun yang perlu diingat adalah jangan sampai karena berbagai fitur tersebut website Anda jadi lambat diakses. Bahkan, jika terlalu berat maka bisa saja website Anda down hingga tidak bisa diakses sama sekali. Hal ini tentu akan merugikan Anda karena orang sudah malas untuk mengunjungi website yang lemot diakses.

Broken link

Kesalahan umum dalam membuat desain website selanjutnya adalah adanya broken link. Tidak sedikit dari mereka yang kerap mengakses website dengan muncul keterangan “404 error pages”. Tentu, hal ini bisa terjadi kaena ssemua fungsi link pada website tidak dapat berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda selalu mengontrol semua link yang tertanam pada website apakah sudah maksimal dan semua fungsi berjalan lancar atau belum. Pastikan Anda memberikan tampilan halaman yang menarik agar pengunjung tertarik untuk membaca informasi lebih pada website bukan malah meninggalkan website.

Terlalu Banyak Gaya Font Dan Warna

Untuk memperindah sebuah desain website Anda hanya perlu menambahkan font dan warna yang sewajarnya saja. Sayangnya, kesalahan umum dalam membuat desain website ini masih banyak dilakukan oleh orang yang  ingin mengembangkan desain web agar terlihat lebih menarik namun justru terlihat semakin berantakan.

Bagaimana tidak, website yang terdiri dari gaya font yang beragam dengan warna bermacam-macam tentu akan membuat mata cepat lelah. Sehingga, pengunjung akan malas untuk membaca informasi yang ada pada website.